fbpx

RK Pantau Prokes di Pesantren Jelang PTM

  • Bagikan

KABARPASUNDAN.ID – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan kunjungan kerja ke Kota Cirebon.

Kunjungan pertama ke Kota Udang dimulai dari Pesantren Al-Bahjah milik Buya Yahya.

Menurut Ridwan Kamil, kunjungan ke pesantren dalam rangka melihat kesiapan protokol kesehatannya menjelang pembelajaran tatap muka di pesantren seiring penurunan kasus COVID-19 di Jawa Barat.

“Hari ini saya hadir di Cirebon yang pertama silaturahim ke Buya Yahya untuk melihat protokol kesehatan dalam rangka tatap muka di pesantren. Alhamdulillah sangat bagus protokol kesehatannya tadi juga saya bicara dengan Buya Yahya ada jarak,” kata Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Negara Kota Cirebon, Selasa (12/10/2021)

Berdasarkan data Bersatu Lawan COVID-19 per 9 Oktober, angka keterisian tempat tidur rumah sakit (_Bed Occupancy Rate_/BOR) di Jawa Barat tinggal 4,03 persen. Sementara angka kasus aktif hanya 0,29 persen.

“Insyaallah karena BOR rumah sakit untuk COVID-19 ini tinggal 4 persen sehingga tatap muka di pesantren di sekolah juga kita percaya diri kita bisa selesaikan,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Setelah mengunjungi pesantren, Ridwan Kamil ziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Menurutnya, ziarah ini adalah salah satu cara untuk menghormati salah satu penyebar agama Islam berpengaruh di Indonesia

“Kedua kita ziarah ke Sunan Gunung Jati tentunya bagaimana pun kita harus menghormati leluhur, pahlawan, apalagi beliau adalah penyebar agama Islam terhebat di Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil.

Setelah itu, Ridwan Kamil mengunjungi gedung Creative Center Ahmad Djuhara yang sudah diresmikan 21 April 2021. Namanya diambil untuk menghormati jasa sang arsitek Ahmad Djuhara yang telah meninggal karena COVID-19.

“Ahmad Djuhara adalah arsitek yang mendesain tempat ini kebetulan meninggal karena COVID-19 sehingga kita dedikasikan ke sana dilanjutkan dengan interaksi,” kata Ridwan Kamil. ***

  • Bagikan