fbpx

PON Papua Resmi Ditutup, Jabar Juara Umum

  • Bagikan

KABARPASUNDAN.ID – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional XX/2021 Papua resmi ditutup oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10/2021).

Kontingen Jawa Barat berhasil mempertahankan gelar juara umum pada event olahraga terbesar di Indonesia itu.

Defile bendera kontingen dan atlet PON mengawali upacara penutupan yang ditonton langsung oleh masyarakat secara terbatas.

Tampak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga turut hadir menyaksikan di area VIP.

Dalam pidatonya, Wapres Maruf Amin atas nama Presiden dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemda dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON XX yang dinilai sukses.

“Sejarah akan mencatat bahwa PON yang untuk pertama kalinya digelar d Bumi Cendrawasih ini berlangsung sukses,” kata Maruf.

Wapres kemudian menyampaikan beberapa catatan penting yang membuat penyelenggaraan tidak mudah dilakukan hingga bisa sukses.

Pertama, masifnya pembangunan infrastruktur olahraga atau venue berstandar dan kualitas internasional oleh pemerintah.

“Kedua, lokasi venue tersebar dari Jayapura, Mimika dan Merauke yang jarak antar venue nya merupakan terjauh sepanjang penyelenggaraan PON,” ujar Maruf.

Kemudian, PON diselenggarakan dalam kondisi pandemi COVID-19 yang menuntut kerja ekstra dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Bagi Wapres, PON kali ini merupakan yang tersulit namun berhasil diselenggarakan dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan _Torang Bisa_ yang nyata dan terbukti.

“Ini menunjukkan Papua bukan hanya sejajar dengan provinsi lainnya tapi dalam beberapa aspek justru lebih unggul,” sebutnya.

Setelah PON Papua resmi ditutup, acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera PON dari Gubernur Papua kepada Gubernur Aceh dan Sumatera Utara yang akan menjadi tuan rumah bersama PON XXI tahun 2024 mendatang.

Pesta olahraga nasional akan dilanjutkan dengan Pekan Olahraga Paralimpik Nasional XIV Papua yang akan berlangsung mulai tanggal 15 November 2021.

Sebanyak 20 cabang olahraga akan dipertandingkan di 12 venue dengan jumlah atlet 1.985 orang dan 740 ofisial. ***

  • Bagikan