oleh

Pemkab Majalengka Luncurkan Program Sisumaker

-Berita-93 views

KABARPASUNDAN.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka meluncurkan program surat menyurat melalui sistem elektronik.

Program itu, diberi nama Sistem Informasi Surat Masuk Keluar (Sisumaker) yang tertuang dalam sebuah aplikasi.

Hal itu mengemuka saat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka mengelar Desiminasi Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker) di Hotel Garden Majalengka Rabu – Kamis (18-19/11/2020).

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka, H. Gatot Sulaeman mengatakan program pertama dalam sejarah Majalengka ini akan memudahkan dalam administrasi persuratan

Semula manual, sekarang menggunakan digital dengan memakai android atau handphone.

“Nantinya, proses surat menyurat di Majalengka akan menggunakan sistem online. Jadi, tidak lagi manual seperti biasanya,” kata dia.

Menurutnya, sebelum pelatihan ini digelar, program Sisumaker ini sudah diterapkan di internal Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka.

Dan, sekarang sistemnya sudah siap dan akan diterapkan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Majalengka.

Masih dijelaskan dia, dengan penerapan surat menyurat elektronik ini, nantinya tidak ada lagi surat menyurat yang menggunakan kertas atau manual.

Semua surat masuk dan surat keluar yang berkaitan dengan kedinasan sudah menggunakan sisumaker secara elektronik.

“Program ini bukan karena adanya Covid-19 ya, ini sebelum wabah ini terjadi. Manfaat lainnya dengan adanya sistem ini lebih memudahkan dalam koordinasi, efisiensi dan efetif dalam pekerjaan,” ucapnya.

Ditambahkan Gatot, dalam menjalankan program ini perlu adanya pelatihan terlebih dahulu.

“Nanti kita berikan pelatihan kepada para pimpinan OPD, Sekdis, Kabid, Camat maupun pejabat lainnya, agar bisa,” katanya.

Dia menambahkan, ddari kegiatan Sisumaker ini yaitu terselenggaranya Sistem Surat Masuk Keluar (Sisumaker) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka untuk mendukung kinerja para ASN agar lebih efektif dan efesien dalam menjalankan roda pemerintahan, kemudian Memodernisasi birokrasi pemerintahan yang antisifatif dan proaktif dalam menyampaikan surat.

Bupati Majalengka H Karna Sobahi mengatakan program ini bertujuan untuk memberikan inovasi tentang administrasi surat perkantoran berbasis elektronik dengan konsep paperless dengan komunikasi langsung maupun tidak langsung.

Menurut karnaz, di zaman Teknologi Informasi sekarang ini inovasi harus terus di gali disetiap perangkat daerah.

Inovasi yang yang di munculkan diharapkan dibarengi dengan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkwalitas yang mampu melaksanakan tugas dengan baik .

Selain itu dalam menjalankan Sisumaker perlu didukung dengan adanya perlengkapan pendukung (Hardware dan Softwere).

“Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan kita dapat lebih tanggap dan mampu beradaptasi dengan perkembangan situasi yang berkembang saat ini,” tutur bupati.

Dikatakan dia, untuk mengoptimalisasi pemanfaatan TIK untuk pelaksanaan tugas dan fungsi di setiap OPD, penyerderhanaan sistem, prosedur, mekanisme dan kontrol kerja yang efektif serta meningkatkan mutu layanan administrasi perkantoran di lingkungan Pemkab Majalengka. (Azizan)***

 

.

Komentar

Baja Juga