fbpx

Mahasiswa Prihatin Kriminalisasi Petani dan Penggusuran Lahan Kerap Terjadi

  • Bagikan

KAPOL.ID – Puluhan mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon turun ke jalan, Kamis (24/9/2020). Bergabung dengan Aliansi Mahasiswa Cirebon Raya memperingati Hari Tani Nasional dengan cara berbeda.

Koordinator lapangan, Gesang, memandang kriminalisasi petani masif. Begitu pula penggusuran lahan masih kerap terjadi.

Menurutnya, dalam kurun lima tahun terakhir (2015-2019), KPA mencatat sedikitnya terdapat 1.298 kriminalisasi yang dialami pejuang agraria saat berkonflik dengan perusahaan swasta dan negara.

“Belum lagi persoalan pembenihan dan sistem budidaya pertanian berkelanjutan yang memperlancar kriminalisasi terhadap petani, di antaranya dalam Pasal 27 yang mengharuskan petani melapor dan daftar, lalu pasal 108 dan pasal 112 tentang denda dan kurungan penjara,” katanya.

Persoalan lain yang disoroti yakni RUU Omnibuslaw yang berpotensi merusak tatanan benegara, untuk sektor pertanian perkebunan soal lahan Pasal 30 angka 1 mengenai perubahan terhadap Pasal 14 UU Perkebunan 142-143.

Dinyatakan bahwa penetapan batasan luas minimum dan maksimum peggunaan lahan ditetapkan oleh pemerintah pusat dan tidak perlu lagi mempertimbangkan kesesuaian ruang ketersediaan lahan, kondisi geografis.

Mereka memandang, permasalahan pertanian yang begitu kompleks dan kaum tani semakin termajinalkan oleh tangan kekuasaan yang kotor dan para elit nasional yang telah menghianati perjuangan pembebasan tanah dan lahan produksi rakyat.

“Bung Karno pernah berkata ‘hidup matinya sebuah negara, ada ditangan sektor pertanian negeri tersebut”. Jangan biarkan pertanian mengering. Karena jika tidak ada pertanian maka tidak akan ada kedaulatan,” ujar seorang pengunjuk rasa lantang.

Intinya para pelaku aksi menuntut agar menegakkan Reforma Agraria Sejati seperti yang tercantum dalam UUPA 1960. Menghentikan kriminalisasi kepada petani. Menolak penggusuran lahan rakyat, serta menolak RUU Omnibus Law dan RUU Pertanahan.

Pengunjuk rasa bergerak dari Kampus I UGJ Jl. Pemuda Kota Cirebon pukul 09.00 WIB, selanjutnya berjalan kaki secara bersama-sama menuju ke Gedung DPRD Kota Cirebon Jl. Siliwangi No. 109 Kota Cirebon.

  • Bagikan