KABARPASUNDAN.ID – Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Parakannyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya dikeluhkan masyarakat.
Seperti dikatakan, E.S (49) salah seorang warga Lewidahu Kaler yang mengeluhkan pelayanan kesehatan puskesmas tersebut.
Dia menuturkan, saat itu dirinya sedang mengalami sakit demam, batuk dan sakit kepala. Lalu, dia datang ke puskesmas untuk berobat beberapa hari lalu.
Tapi, pada waktu dia datang ke puskesmas hanya ditanya keluhan tanpa diperiksa seperti yang diharapkan.
“Saya hanya ditanya tanpa di periksa layaknya Dokter berbayar,”katanya kepada wartawan, Rabu (15/6/2022).
Dia juga mengatakan, pada saat itu tidak mempunyai penyakit alergi. Namun anehnya lagi, dia malah diberi obat alergi.
“Saya ditanya pas di pendaftaran apakah ada alergi ? Saya bilang tidak, namun yang keluar obat alergi,”kesalnya.
Akhirnya, dia pun melanjutkan pengobatan ke salah satu mantri di Indihiang. Disana dia mendapatkan pelayanan sesuai yang diharapkan.
“Kalau di mantri saya di periksa pakai stethoscope, dan diberikan obat. Alhamdulillah tidak berselang lama saya berangsur membaik,”ujarnya.
Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Parakannyasag, H. Cece Nurdin, S.Kep., Ners., MM., menerangkan, pihaknya hanya akan memproses pengaduan masyarakat secara tertulis yang masuk lewat kotak pengaduan.
Nantinya, kata dia, aduan masyarakat itu akan melalui proses untuk dijadikan bahan evaluasi tim puskesmas.
“Tulis nama alamat dan keluhannya simpan di kotak pengaduan, baru akan kami proses oleh tim evaluasi pelayanan dan kita bisa bertemu langsung dengan orangnya,”ucap Cece.
Kemudian, dia juga mengatakan, semua pengaduan belum tentu semuanya benar. Bisa saja yang mengadukan tidak melihat situasi dan kondisi puskesmas.
Pastinya, masyarakat ingin dilayani secara baik. Tapi, pihaknya juga mengaku, mempunyai standar pelayanan sesuai keilmuan yang telah ia dapat.
“Contoh kalau penyakit kulit, itu tidak perlu diperiksa pakai stethoscope, tapi bisa dengan dilihat saja”katanya.
Cece kembali menegaskan, jika ada warga atau pasien yang merasa kecewa dengan pelayanan di Puskesmas Parakannyasag.
Dia mempersilakan, Pasien tersebut untuk melaporkan keluhan itu dengan cara mengisi pengaduan secara tertulis melalui kotak pengaduan.