oleh

Ini, Sikap Warga RW 11 Tamansari Soal Kerja Bakti dan Dukungan RDTS

-Berita-470 views

KABARPASUNDAN.ID – Pemerintah Kota Bandung menyediakan pemukiman bagi warga dengan membangun Rumah Deret yang berlokasi di Taman Sari.

Namun, program pemkot tersebut menuai pro dan kontra.

Terpantau pada Kamis (11/02/2021), warga lingkungan RW 11 yang mendukung program RDTS mengadakan kerja bakti.

Itu, sebagai perwujudan membantu program Pemerintah Kota Bandung.

Namun, pada saat kerja bakti terjadi salah faham dengan pihak yang lain.

Berkaca dari itu, warga RW 11 Tamansari melalui H. Yoyo dan mantan RW 11 Syahroni menyampaikan sikap.

1. Pada hari Kamis, Tanggal 11 Pebruari 2021, Pukul 13.00 s/d selesai. Warga RW. 11 Tamansari Bandung yang mayoritas (98%) telah setuju Program Pembangunan RDTS Bandung, melaksanakan kegiatan kerja bakti dan pemasangan pagar pembatas area pembangunan RDTS Bandung.

2. Kegiatan tersebut di atas, murni dilaksanakan oleh warga dan tidak melibatkan unsur preman, prmas serta yang lainnya.

3. Dalam kegiatan tersebut di atas, tidak ada satu pun warga yang membawa senjata tajam, parang, linggis dan yang lainnya.

Terkecuali kantong plastik besar (Trash Bag) yang digunakan untuk mengumpulkan sampah.

4. Kegiatan tersebut di atas dilaksanakan dengan disertai prosedur prokes sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

5. Pemasangan pagar pembatas area pembangunan RDTS Bandung dilakukan oleh warga, dan dibantu oleh beberapa pekerja dan petugas keamanan (security) pelaksana proyek pembangunan/ kontraktor atas inisiatif sendiri.

6. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut di atas, dari awal kegiatan sodari Eva Cs melakukan penghadangan, provokasi, dan intimidasi verbal, berupa ucapan kasar maupun sikap arogan, terutama kepada ibu-ibu peserta kegiatan kerja bakti.

7. Warga berupaya dengan pendekatan persuasif agar selain dari warga RW. 11 dimohon untuk keluar dari area pembangunan RDTS Bandung.

8. Salah seorang tukang kebun yang selama ini dipekerjakan oleh sodari Eva Cs dan sudah berusia lanjut melontarkan ucapan.. “Saya petugas..! disertai tendangan kaki pada salah satu warga RW. 11 (Bpk Agus Gunawan) persis mengenai bagian vitalnya…”, yang pada ahirnya memicu terjadinya insiden saling dorong-mendorong, dan pada saat itu sdri Deti (PBHI) terjatuh ke belakang, karena kaki tersandung oleh tumpukan batu yang ada disekitar bangunan Sdri Eva dan diperkirakan bagian belakang kepala mengenai/terbentur benda tumpul sehingga mengalami pendarahan.

9. Dalam kegiatan tersebut di atas, tidak ada satupun warga yang merusak fasilitas / bangunan yang ditempati sdri Eva Cs.

10. Tanaman atau kebun berada di atas area / lahan warga yang dari sejak awal sudah setuju Program Pembangunan RDTS Bandung, bukan di atas lahan dari sdri Eva.

“Itu pernyataan sikap warga RW 11 Pro pembangunan RDTS Bandung dalam kegiatan kerja bakti. Dan pemasangan pagar area pembangunan RDTS Bandung dibuat dengan sebenar-benarnya sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan,” ucap dia.

Semoga, kata dia, pernyataan tersebut bisa mewujudkan situasi kondusifitas di lingkungan RW 11 Tamansari.

Diharapkan pembangunan RDTS dapat berjalan dengan lancar dan warga segera merasakan manfaatnya. ***

foto/Laporan: Iwan Irawan Lamintang

 

Komentar

Baja Juga