fbpx
Berita  

Bawaslu Jabar Imbau Calon Anggota Daftar Lebih Awal

KABARPASUNDAN.ID – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat membuka penerimaan calon anggota.

Penerimaan calon tersebut seiring dengan berakhirnya masa jabatan anggota Bawaslu periode 2018-2023. Wilayah IV ini mencakup Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Garut, Banjar dan Pangandaran.

Demikian dikatakan anggota Timsel Wilayah IV Bawaslu Jabar, Dr. H. Sarbini, M.Ag., saat dikonfirmasi di Hotel Santika Tasikmalaya, Jumat (2/6/2023).

Dia mengatakan, tahapan penerimaan pendaftaran bakal calon Bawaslu dimulai pada tanggal 29 Mei hingga 7 Juni 2023. Proses seleksi ini tentu sangat terbuka bagi siapa pun yang memang memenuhi syarat.

“Tentu pendaftar harus memiliki kemampuan dan keahlian berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, kemampuan dan keahlian ketatanegaraan, kemampuan dan keahlian kepartaian dan keahlian kepengawasan pemilu,”tuturnya.

Sarbini menjelaskan, sedikitnya ada tujuh kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh para calon anggota Bawaslu.

Pertama, calon anggota Bawaslu memiliki kemampuan melakukan pencegahan pelanggaran dan sengketa proses. Lalu yang kedua, melakukan kerja-kerja pengawasan tahapan Pemilu.

Kemudian di poin ketiga, calon anggota Bawaslu harus bisa melakukan investigasi dugaan pelanggaran. Keempat, melakukan mediasi atas sengketa yang terjadi.

“Berikutnya adalah tentang keterampilan melakukan ajudikasi. Keenam, melakukan klarifikasi, pemeriksaan kasus dugaan pidana Pemilu, menggali fakta-fakta hukum, alat bukti dan yang terakhir, membuat putusan,”terangnya.

Satu hal lain yang penting, kata dia, adanya keharusan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen dalam komposisi KPU dan Bawaslu.

“Ini merupakan amanat dari Pasal 10 ayat 7 dan Pasal 92 ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,”ucapnya.

Dia juga mengimbau kepada para pendaftar untuk mempersiapkan dokumen administrasi sebanyak 18 File yang harus di siapkan sebelum mendaftar.

“Jadi tetap soft file sama hard file nya harus ada meskipun pendaftaran ada yang melalui jalur online,”katanya.

Sampai hari ini, lanjut Sarbini, pendaftar calon anggota Bawaslu di Wilayah IV baru mencapai angka 21 orang. Biasanya, kata dia, mereka bakal mendesak ke akhir tanggal pendaftaran.

“Ya, tentu kuota pendaftaran harus terpenuhi, termasuk kuota keterwakilan perempuan. Sampai hari ini yang sudah mendaftar 21 orang,”ungkapnya.

Mengingat hal ini, sambung dia, kepada para calon anggota Bawaslu di Wilayah IV Provinsi Jawa Barat untuk melakukan pendaftaran sesegera mungkin.

Sebab, jika pendaftaran dilakukan di akhir dikhawatirkan ketika melakukan upload data ditakutkan mengalami kendala teknis, seperti lemot dan lain sebagainya.

“Kalau bisa di awal, kalau diakhiri takutnya mengalami kendala jaringan lemot. Tapi jika demikian, kami juga akan mengantisipasi dengan penambahan waktu selama 2 hari dari tanggal 13 sampai 15 Juni 2023,”pungkasnya.