fbpx

Bawaslu Gandeng Elemen Masyarakat Awasi Tahapan Pilkada

Bawaslu Kota Tasikmalaya ajak masyarakat awasi tahapan Pilkada.
Salah satu narasumber saat menyampaikan materi pengawasan pemilu.* Foto: Malby A.R/kabarpasundan.id

KABARPASUNDAN.ID – Menjelang tahapan proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dalam Pilkada 2024, Bawaslu Kota Tasikmalaya intensif melakukan berbagai kegiatan pencegahan.

Seperti agenda baru-baru ini, Bawaslu Kota Tasikmalaya menggelar Evaluasi Pencegahan dan Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 di Hotel Harmoni Tasikmalaya, Selasa (4/6/2024).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Tasikmalaya Enceng Fuad Syukron mengatakan, kegiatan itu, tentunya hasil evaluasi seluruh tahapan yang harus diawasi.

Termasuk, kata dia, untuk merefleksikan dalam menghadapi Pilkada serentak di Kota Tasikmalaya yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Pihaknya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengingatkan partisipasi pengawasan menjelang tahapan Pilkada.

“Diantaranya ada pihak internal dari Panwascam yang akan mengawasi secara langsung dan juga berkaitan dengan perintah UU,” kata Enceng.

Pada kesempatan itu juga, Bawaslu Kota Tasikmalaya menggandeng pengurus RT dan RW. Kemudian, tokoh pemuda dan organisasi masyarakat.

Hal itu, jelas Enceng, merupakan salah satu proses penting untuk disampaikan. Sebab, nanti akan ada pantarlih yang akan melakukan coklit.

“Karena kami memiliki kewenangan dalam pengawasan proses pemutakhiran data pemilih salah satunya berangkat dari coklit,” jelasnya.

Selain itu, bawaslu mengajak kepada jajaran RT dan RW untuk menyisir terhadap potensi calon pemilih yang sudah memiliki hak pilih.

“Pemutakhiran data pemilih itu bukan hanya persoalan data NIK saja. Tapi ada substansi penting adalah hak politik dan hak pilih warga,” katanya. **