fbpx
Berita  

Sambut Harlah NU ke-95 M, LKKNU Majalengka Targetkan Pembuatan Seribu Kartanu

KABARPASUNDAN.ID – Menyambut hari lahir (Harlah) Nadlatul Ulama (NU) ke-95 M atau 98 H, Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Majalengka mengadakan musyawarah pembentukan team work Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu), di Aula kantor PCNU setempat.

Pertemuan itu dipimpin langsung Sekretaris PCNU Majalengka, Ustaz Mimif Miftah dan Ketua LKKNU Majalengka bersama para pengurus lainnya.

“Untuk mewujudkan Kartanu, kami terlebih dahuli membentuk team 9 untuk mengurus administratif dalam proses pembuatan Kartanu,” kata Ketua LKNNU, Hj.Ade Jamilah, Jum’at (22/1/2021).

Menurut dosen Universitas Majalengka itu, dalam menyambut Harlah NU, lembaga yang dipimpinnya menargetkan pembuatan 1.000 Kartanu, yang peruntukannya untuk warga Nahdiyiin se-Kabupaten Majalengka.

Sedangkan proses pembuatan awalnya, lanjut dia, warga NU terlebih dahulu dapat mendownload aplikasi KARTANU di play store.

Kemudian, untuk proses verifikasi sebagai calon pemegang Kartanu dapat menghubungi ranting NU di masing-masing desa se-Kabupaten Majalengka.

Manfaat Kartanu

Sekretaris PCNU Majalengka Ustad Mimif Miftah menambahkan, program Kartanu sejalan dengan arahan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk menyiapkan sistem pendataan secara nasional melalui integrasi sistem Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu).

Program Kartanu sendiri secara Nasional sudah resmi digulirkan mulai 27 Juni 2020 lalu.

Pihaknya optimistis program yang dibidangi LKNNU ini akan berjalan lancar sesuai target yang diharapkan, karena Kartanu memiliki banyak manfaat.

Dikatakan dia, sedikitnya ada sembilan fungsi dan manfaat memiliki Kartanu. Manfaatnya layaknya tabungan syari’ah pada umumnya.

Kartanu juga bisa difungsikan sebagai tabungan haji dan umroh.

“Kartanu juga bisa berfungsi sebagai alat pembayaran. Dengan aplikasi e-Kartanu yang sebentar lagi aplikasi sistemnya juga kita gulirkan, Kartanu bisa digunakan untuk macam-macam transaksi. Misalnya bayar listrik, beli pulsa, beli tiket, dan lain-lainnya,” paparnya.

Manfaat lainnya, kata dia, warga NU pemegang Kartanu bisa mendapatkan fasilitas diskon di beberapa gerai belanja.

Diskon yang sama bisa diperoleh saat berhubungan dengan PTNU dan RSNU di semua daerah.

“Kartanu memiliki kelebihan lain yakni berfungsi sebagai asuransi. Apabila ada warga NU yang terkena musibah akan mendapatkan santunan,” paparnya.

Masih dikatakan dia, Kartanu juga bisa menjadi sarana bisnis antar warga. Mirip dengan aplikasi jual-beli online pada umumnya.

Dimungkinkan terbangun ruang jual-beli yang saling menguntungkan antar warga NU.

“Manfaat terakhir, Kartanu juga sekaligus available untuk tabungan masa depan. Kita siapkan ada Tazak (tabungan zakat), Takur (tabungan kurban), Tawaf (tabungan wakaf infaq dan sodaqoh), dan Kolam (kotak amal masjid dan musholla),” katanya. (Azizan)***